DKI Jakarta e-Mail : ekopesantren1@gmail.com

Welcome To EKOPESANTREN

Memberdayakan Komunitas Pesantren untuk meningkatkan kualitas lingkungan berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah EKOPESANTREN.

KEGIATAN KAMI

PELATIHAN

Peningkatan Pengetahuan tentang Lingkungan Hidup dan aksi-aksi dalam berkontribusi dalam bidang lingkungan sangat diperlukan 

Info Detail

PENDIDIKAN

Meningkatkan kapasitas pengetahuan di bidang Lingkungan Hidup, melalui modul-modul belajar secara virtual, untuk membantu kapasitas pesantren bergerak dalam Konservasi dan Lingkungan

Info Detail

TRACKING

Tracking Ekopesantren tentang aksi dan kegiatan Lingkungan Hidup dan Konservasi di Pesantren.

Info Detail

PUBLIKASI

Publikasi seputar aksi ekopesantren

Info Detail

VIDEO

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka implementasi ekopesanren.

Info Detail

SEMINAR

Seminar dan Konferensi yang berkaitan dengan kegiatan ekopesantren dan Education for Suistainable Development.

Info Detail

Welcome to EKOPESANTREN

Pondok pesantren di Indonesia merupakan “icon” pendidikan Islam yang telah terbukti mampu memberikan wajah dan nuansa politik, sosial, ekonomi, dan perubahan bagi masyarakat Indonesia. Dari pesantrenlah banyak bermunculan pelopor-pelopor pemimpin Islam yang bukan saja terbukti mampu menjadi pemimpin umat dan bangsa. Pondok pesantren banyak melakuan aksi-aksi lingkungan hidup yang dapat menjadi pelajaran bagi pesantren yang lain, dan dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Tetapi bagaimana agar pesantren dapat menjadi contributor pada aksi lingkungan hidup secara terukur, termonitor, dan dapat dievaluasi? Di samping menyajikan secara teoritis tentang kearifan Islam dalam memelihara lingkungan, buku ini juga memberikan solusi program-program aksi konservasi dan lingkungan hidup yang dapat digerakkan melalui “basis pesantren ramah lingkungan”, yang berpengaruh pada masyarakat yang lebih luas.

PENGETAHUAN

Pengetahuan terhadap hal-hal yang diminati tersebut sehingga dapat dipahami dan dihayati dan merupakan prasyarat munculnya kesadaran terhadap lingkungan hidup.

KESADARAN

Kesadaran adalah satu proses dimana orang mulai terbangkitkan ketertarikannya, keinginannya untuk mengetahui suatu hal, seperti lingkungan sekitar, persoalan lingkungan, sosial dan sebagainya.

SIKAP

Sikap artinya perubahan sikap (perilaku) yang merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dikembangkan, tanpa perubahan dari dalam diri kita sendiri, pengetahuan dan keahlian yang telah dimiliki tidak akan berarti banyak dan bermanfaat bagi pihak lain.

PARTISIPASI

Partisipasi adalah mendorong munculnya partisipasi dan aksi langsung dari setiap individu secara bersama-sama, apabila hanya individu saja yang bergerak tidak akan banyak membantu perubahan yang kita inginkan.

Informasi tentang EKOPESANTREN  →
Manfaat Program EKOPESANTREN ?

o Menjadi tempat pembelajaran bagi masyarakat tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan berdasarkan ajaran Islam.

INFO UPDATE